Karena Gadeget Semua Menjadi Mudah
Teknologi sudah ada sejak jama dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus menerus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu yang lebih efesien dan cepat.
Teknologi sejak PELTA I teknologi berupa siaran radio dan telivisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal.
Satelit komunikasi sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian.
Perkembangan perangkat keras gadget berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal komputer saat ini sudah tidak dipandan barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantor pun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
“Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka”(Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita lihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Hal ini dapat diartikan bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi atau lebih kerapnya adalah Internet.
1. Apa itu Gadget ?
2. Bagaimana proses masuknya Gadget dikalangan remaja ?
3. Apa kegunaan Gadget ?
4. Adakah dampak negatif dari Gadget ?
5. Adakah dampak ppositif dari Gadget ?
1.Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahsa inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget juga memiliki suatu tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna umumnya diberikan terhadap suatu yang bau. Contohnya seperti: komputer, handphone, smartphone, dan lain-lain. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
2.Proses masuknya gadget di kalangan remaja dengan berbagai faktor, saat ini Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampain ke tingkat pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknologi Informasi. Penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai Smartphone, android, I-pad, laptop dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu instrumen semacam itu hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas hanya di kawasan kota-kota besar, dapt dikatakan orang desa sangat jarang memiliki gadget kemajuan menunggalkan mereka. Baik ketinggalan informasi, perkembangan cakrawala, dan ketinggalan beritaperistiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi lainnya.
Gadget masuk dikalangan remaja dengan perlahan dan tidak disadari oleh remaja yang menjadi korban perkemnbangan gadget, alasan yang klasik dari seseorang yang diwawancarai seputar perkembangna gadget yang marak dikalangan remaja, menurutnya gadget bukan hanya wahana atau media komunikasi tapi dapat dijadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya gadget atau gadget dijadikan sebagai life style yang menyebabkan kesenjangan sosial terjadi dikalangan ekonomi bawah, menegah, dan ekonomi atas.
3.Kegunaan gadget salah satunya adalah gadget untuk akses internet. Dengan internet para pelajar mudah untuk mencari informasi apa pun tentang tugas-tugas. Bukan hanya pelajar yang dapat menikamati internet. Siapapun dapat menikamati internet dengan keperluan masing-masing, dengan informasi yang begitu luas internet dapat dikatakan sebagai gudang informasi, karena kita dapat menemukan apapun yang kita inginkan. Contonhnya: infobeasiswa, pekerjaan, pengetahuan, dan lain sebagainya. Selain memperkaya wawasan, dengan gadget yang menyediakan akses internet, kit bisa memperluas persahabatan melalui situs jejaring sosial atau biasa disebut sosmed (sosial media) seperti facebook, line, twitter, dan lain-lain.
4.Dengan berkembangnya gadget disemua kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan banyaknya kerugian dari aspek kehidupan, seperti dampak penggunaaan gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maranya gadget, sosialisasi tidak sempura dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain-lain. Berikut akan dikemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan
a. Segi kesehatan
- Peningkatan resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang diberikan.
- Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian.
- Penggunaan cahaya atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel, komputer tablet bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa mengalami rabun dekat.
b. Segi budaya
- Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku didaerah tersebut karena kesibukan menggunakan gadget.
- Masuknya budaya barat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
- Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada produk asing.
c. Segi sosial
- Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sehingga tidak memperhatikan hal-hal disekitarnya.
- Cenderung tidak bisa mengontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langsung.
- Lebih banyak konflik yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
- Cenderung cepat bosan jika orang ada yang menasehati
- Egois tidak terkendali
- Orang-orang disekitarnya selalu dijadikan korban kemarahannya.
- Orang yang banyak bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.
d.Segi ekonomi
banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget dibidang ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil disetiap keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget.
5.Dengan perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknyak sisi negatif yang ditimbulkan seperti yang dikemukakan diatas disisi lain tidak hanya dampak negatif saja yang ditimbulkan tetapi ada sisi positif yang ditimbulka dari perkembangan gadget seperti berikut ini :
a. Komunikasi menjadi lebih praktis.
b. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif.
c. Mudahnya mengakses keluar negeri
d. Manusia menjadi lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang menntut mereka untuk hidup lebih baik.
Diatas merupakan beberapa dampak yang di timbulakn dari perkembangan gadget, dan masih banyak lagi manfaat yang ditimbulkan dari maraknya gadget.
Jadi dari pembahasan diatas dapat kita simpulnkan bahhwa:
- Pengertian Gadget adalah sebuar peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi prakis spesifik yang berguna umumnya merujuk pada sesuatu yang baru, gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu alat elektronik yang mwmiliki fungsu khusus pada setiap perangkatnya seperti komputer.
- Perkembangan teknologi sangat berhubungan dengan perkembangan gadget.
- Gadget masuk dikalangan remaja secara perlahan dan tidak disadari. Gadget berkembang tidak hanya dikalanga perkotaan saja tapi gadget dengan mudahnya masuk kepada remaja yang ada di pedesaan, seiiring waktu berjalan semakin hari gadget hadir dengan penampilan yang inovatif
- Perkembangan gadget memberikan dampak negatif terhadap kesehatan seperti tumbuhnya kanker bagi pengguna gadget. Hilangnya budaya akibat perkembangan gadget. Hidup menjadi tida teratur dan selalu fokus terhadap sesuatu yang instan merupakan dampak dari sosial dan banyaknya kerugian akibat konflik yang terjadi karena maraknya gadget dari segi ekonomi.
- Gadget selain memiliki sisi negatif tapi disisi lain gadget memiliki banyak manfaat seperti, dengan berkembangnya gadget manusia hidup menjadi lebih mudah , komunikasi terjalin kapan pun dan dimana pun, komunikasi menjadi lebih praktis, dan lain-lain.
http://oppimahendra.blogspot.com/2015/12/artikel-tentang-gadget.html
Komentar
Posting Komentar